Stunting Berbuah PAMSIMAS

Calingcing.sideka.id adalah salah satu desa yang memiliki predikat Stunting di Kab.Tasikmalaya. Namun dari segi positif adanya Stunting ini Desa Calingcing mendapat banyak bantuan dari pemerintah pusat mulai dari program perbaikan gizi yang berujung pada kegiatan GEMARIKAN lalu Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dan pembuatan sanitasi lingkungan.

Membahas soal PAMSIMAS, Desa Calingcing adalah Desa yang telah mendapat bantuan PAMSIMAS sebanyak 2 kali yaitu tahun 2010 (PAMSIMAS Reguler) dan 2014 (PAMSIMAS HID). Dan untuk tahun sekarang kembali mendapatkan bantuan PAMSIMAS karena dianggap sebagai desa yang Stunting.

Mata air Cirebing, Kp.Calingcing Kidul yang terletak diantara perbatasan Desa Calingcing dan Desa Sukahening adalah mata air yang tidak pernah kering hingga dijadikan sebagai sumber mata air sebagian warga Calingcing. Dan setelah adanya program PAMSIMAS ini fungsinya menjadi lebih besar karena selain untuk sanitasi sebagian warga mata air ini sekarang dikhususkan untuk daerah yang terkena Stunting di Calingcing (Kepunduhan Rawa).

Dalam hal pelaksanaannya pembuatan PAMSIMAS ini baru berjalan sekitar 60%.

                  Pembuatan Broncaptering
                  Pembuatan Bak Pengumpul

Diharapkan dengan adanya program ini bisa meningkatkan kwalitas hidup masyarakat, terutama dalam penyediaan air bersih  dan bisa cepat terbebas dari status Stunting itu sendiri.

(Narasumber : Kasi Perencanaan- Dena Nurhidayat S,Pd.)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan